["Jika Anda tidak tahan akan letihnya menuntut ilmu, maka Anda harus menanggung perihnya kebodohan.." ]

Sunday, 5 January 2014

MENULIS HURUF TEGAK BERSAMBUNG


Langkah-langkah mengajari menulis tegak bersambung adalah :

1.  Pastikan terlebih dahulu siswa atau anak menguasai huruf cetak.
2. Untuk mengenalkan huruf tegak bersambung dapat dilakukan dengan merangkai titik-titik yang nantinya apabila disambung akan membentuk abjad huruf tegak bersambung.

3.  Belajar menjiplak huruf tegak bersambung secara per huruf. Dalam hal ini sediakan huruf tegak bersambung secara lepas baik untuk huruf besar maupun kecil yang sudah tertulis pada kertas. Kemudian siswa diminta menjiplak tulisan kertas tersebut dengan menaruh kertas lain di atas kertas yang sudah ada tulisan huruf tadi.

4. Belajar menulis menggunakan buku halus serta dijelaskan pula ketentuan perbandingan tinggi huruf. Langkah-langkah menulis dengan media buku halus.
   a. Memulai menulis dari huruf kecil
       1) Mengenalkan bentuk baris-baris serta cara menulis dengan dimulai  dari
              tepi bawah baris ke-3.
   2) Sebelum menulis siswa atau anak harus bisa membedakan huruf mana yang
      memiliki jambul atau ekor atau tidak memiliki keduanya atau memiliki kedua-
      duanya .
       a) Huruf berjambul ada 2 yaitu jambul yang penuh dan setengah 
             Jambul penuh seperti: b, h, k, l dan Jambul setengah seperti: d, t 
       b) Huruf berekor ada 2 yaitu ekor yang penuh dan setengah
              Ekor penuh seperti: g, j, y dan  Ekor setengah seperti: p, q 
       c) Huruf yang tidak memiliki jambul dan ekor seperti: a, c, e, i, m, n, o, r, s, 
          u, v, w, x, z
       d) Huruf yang memiliki ekor dan jambul sepert: f
   3)Ulangi terus-menerus sampai hafal.
b.Menulis huruf besar
   1) Menulis huruf besar juga dimulai dari tepi bawah baris ke-3.
   2) Huruf Besar ada dua tipe yaitu tingginyanya 3 baris dan 5 baris.  Semua
      huruf besar mempunyai tinggi 3 baris (area menulis yaitu baris ke-1 sampai 
      baris ke-3), kecuali pada huruf G dan J  memiliki tinggi 5 baris      (area
      menulisnya dari baris ke-1 sampai baris ke-5)
   3) Ulangi terus-menerus sampai hafal.
c.  Jika sudah mahir menulis secara per huruf, bisa dilanjutkan dengan menulis
    kata, kemudian kalimat sederhana
5. Jika siswa atau anak sudah lancar menulis dengan buku halus , siswa atau anak dapat menulisnya di buku bergaris biasa.
6. Berikan selalu pujian kepada siswa atau anak apapun hasil tulisannya agar senantiasa bersemangat dalam belajar menulis.


3 comments:

  1. terima kasih sudah berbagi materi bagus, masih ada yg perduli pentingny apendidikan anak

    ReplyDelete
  2. RANDY PRATAMA TOLONG BUAT HURUF TEGAK BERSAMBUNG

    ReplyDelete